Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Rabu, 01 April 2015

proxi server

atikel proxi server



Proxy bisa diartikan sebagai pihak ketiga yang berdiri diantara pihak pertama dan kedua, sehingga dalam melakukan komunikasi pihak pertama tidak berhubungan secara langsung dengan pihak ketiga.
Bayangkan seorang mahasiswa (pihak pertama) yang hendak meminjam buku di perpustakaan (pihak kekedua), namun ketentuannya seorang mahasiswa tidak boleh langsung mengambil buku yang hendak dipinjam melainkan melalui petugas (pihak ketiga). Seorang petugas dapat menentukan siapa-siapa saja yang berhak meminjam buku di perpustakaan, dan buku-buku jenis apa saja yang boleh dipinjam.
Sekilas, mungkin proses di atas akan terlihat lama. Namun sebenarnya, setiap transaksi terjadi petugas akan selalu mencatat salinan dan lokasi buku-buku yang dipinjam, ini berarti jika nantinya terjadi transaksi yang serupa maka petugas tidak perlu lagi mencari buku yang dimaksud satu-persatu di dalam perpustakaan yang memiliki ribuan buku. Tentunya proses akan lebih cepat dan efisien bukan….
Posisi dan fungsi dari proxy server
Posisi dan fungsi dari proxy server
Analogi diatas menjelaskan konsep dan fungsi dasar dari suatu proxy dalam komunikasi jaringan komputer dan internet. Proxy server mempunyai 3 fungsi utama, yaitu,
  • Connection Sharin
Dalam suatu jaringan komputer, client tidak langsung berhubungan dengan dunia luar (internet). Ini dilakukan untuk melindungi jaringan di dalamnya. Dengan begitu maka diperlukan gateway, dimana berfungsi sebagai “gerbang” antara jaringan lokal dengan internet. Dalam hal ini gateway yang juga difungsikan sebagai proxy berfungsi sebagai Connection Sharing
  • Filtering
Misalkan terdapat suatu jaringan komputer di suatu instansi pendidikan seperti sekolah, yang dimana didalamnya terdapat peraturan dilarang membuka situs-tertentu, atau hanya boleh membuka situs-situs tertentu. Tentunya peraturan seperti itu tidak hanya bisa diterapkan hanya dengan peraturan tertulis atau teguran belaka, karena kita tidak pernah tau kemana saja para pelajar mengakses internet. Dengan begitu diprlukannya suatu sistem yang dapat mencegah akses-akses yang tidak diinginkan, atau hanya membolehkan akses-akses tertentu.
Seperti pada contoh kasus penulis ketika PKL (Prektek Kerja Lapangan) di PT. TELKOM. Penulis diminta untuk membuat sistem Sites Filtering, dimana user tidak diperbolehkan mengakses situs-situs tertentu seperti pornography, gambling, hacking, terrorism dan sebagainya. Situs-situs yang dilarang tersebut disebutblacklist.
Dalam kasus lain juga bisa diterapkan hanya diperbolehkan mengakses situs-situs tertentu. Misalnya dalam suatu sekolah hanya diperbolehkan mengakses situs-situs pendidikan. Situs-situs yang diperbolehkan tersebut disebut whitelist.
  • Caching
Fungsi lain dari Proxy yaitu cahcing. Misalkan dalam suatu jaringan komputer terdapat client A yang mengakses situs X, beberapa saat kemudian client B mengakses situs yang sama, maka client B tidak perlu mengambil data dari internet lagi melainkan cukup mengambilnya dari proxy. Tentunya ini akan mempercepat proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar